3 Cara Mudah Melawan Penuaan Otak

3 Cara Mudah Melawan Penuaan Otak – Apakah Anda khawatir jika otak Anda mengalami penuaan lebih cepat dari seharusnya? Mungkin Anda telah melihat adanya tanda-tanda penurunan kognitif seperti pelupa dan menjadi kurang fokus. Anda tidak perlu panik. Sebenarnya Anda bisa melawan tanda-tanda penuaan otak yang Anda alami ini.

Perlu dicatat bahwa otak Anda mungkin menua dengan cepat bahkan mungkin Anda mulai melihat sedikit tandanya. Pilihan gaya hidup yang buruk dapat menyebabkan peradangan otak yang akhirnya dapat mempengaruhi kondisi mental seseorang secara serius. Contonya adalah mengalami depresi.

BEBERAPA CARA MELAWAN PENUAAN OTAK

Untungnya ada beberapa cara mudah untuk melawan tanda-tanda penuaan otak.  Lakukan strategi ini baik jika Anda telah mengalami tanda-tanda penurunan mental ataupun tidak.

MENARI

Menari dapat menjadi cara paling populer untuk tetap bugar. Banyak orang melakukan Zumba dan beberapa jenis tarian lainnya untuk mengencangkan otot dan meningkatkan kesehatan jantung serta peredaran darah. Akan tetapi, hanya sedikit orang yang tahu bahwa menari dapat menjaga otak Anda tetap muda.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menari menawarkan lebih banyak manfaat untuk otak daripada laatihan ketahanan tubuh, Penelitian ini melibatkan para lansia sebagai sukarelawan. Usia rata-rata mereka adalah 68 tahun. Kedua kelompok menari dan latihan ketahanan serta fleksibilitas sebagai rutinitas selama 18 bulan. Walaupun kedua latihan ini memiliki efek anti penuaan otak, kelompok menari menunjukkan efek yang lebih nyata pada perilaku mereka.

BERJALAN KAKI

Para peneliti telah membuktikan bahwa berjalan kaki adalah salah satu olahraga yang paling menguntungkan, apalagi sangatlah mudah dilakukan. Berjalan kaki dapat meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi stres dan menjaga otak tetap muda.

Sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa berjalan secara konsistem selama 6 (enam) bulan dapat membalikkan keadaan penurunan kognitif. 160 peserta memiliki masalah kognitif seperti kesulitan berkonsentrasi, mengingat ataupun membuat keputusan. Mereka ini tidak pernah berolahraga dan memiliki tekanan darah tinggi atau resiko penyakit kardiofaskular lainnya.

Para peneliti ini membagi peserta ke dalam 4 (empat) kelompok. Satu kelompok menggabungkan pola diet sehat dengan olahraga yaitu 35 menit berjalan kaki atau bersepeda. Kelompok kedua mengikuti pola diet sehat tanpa olahraga. Kelompok ketiga hanya fokus pada olahraga saja. Sedangkan kelompok keempat tidak melakukan perubahan apapun pada pola diet dan olahraga mereka.

Kelompok  yang menggabungkan diet dan olahraga mengalami peremajaan otak hingga 9 (sembilan) tahun. Kelompok yang berolahraga merasakan adanya peningkatan yang signifikan pada fungsi otak mereka dibandingkan dengan mereka yang hanya melakukan diet. Hal ini membuktikan bahwa menggabungkan diet sehat dengan berjalan kaki adalah salah satu cara yang paling efektif untuk meremajakan otak.

MEDITASI

Tahukah Anda bahwa meditasi dapat membuat kita kelihatan lebih muda? Menurut penelitian, meditasi dapat menghentikan penuaan kulit dan mengurangi keriput. Anda mungkin juga akan lebih senang jika mengetahui bahwa meditasi dapat mengurangi penuaan otak. Sebuah penelitian di UCLA menemukan bahwa orang-orang yang bermeditasi secara konsisten selama 20 tahun memiliki otak yang terpelihara lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak bermeditasi.

Anda tidak perlu menunggu selama 20 tahun untuk dapat menikmati manfaat meditasi. Lakukan meditasi paling tidak selama 8 (delapan) minggu dan rasakan bahwa kecemasan Anda berkurang. Selain itu, meditasi juga menawarkan banyak manfaat kesehatan lainnya.

Ada beberapa cara lain untuk melawan tanda-tanda penuaan otak, tetapi penulis tidak ingin membanjiri Anda dengan daftar panjang kiat-kiat yang mungkin tidak akan pernah Anda lakukan. Penulis membuat daftar yang mudah untuk dilakukan. Pilihlah saja satu dari ketiga kebiasaan yang ditawarkan ini. Tambahkan ke rutinitas harian Anda. Siapa tahu Anda akan mulai dapat menikmati manfaat anti penuaan dalam beberapa hari atau beberapa minggu.

 

Sumber : www.care2.com

Penulis : Brian Syuki

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!