12 Makanan Yang Dikonsumsi Untuk Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

12 Makanan Yang Dikonsumsi Untuk Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah -Makanan adalah obat terbaik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, Penelitian menunjukkan bahwa makanan tertentu lebih baik daripada makanan yang lain.

12 Makanan Yang Dikonsumsi Untuk Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Berikut ini adalah beberapa makanan terbaik untuk dikonsumsi untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung kita :

KACANG ALMOND

Mengudap kacang almond sebagai ganti dari penganan tidak sehat adalah hal baik yang dapat Anda pilih untuk meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda. Hal ini karena kacang almond mentah tanpa garam yang dilengkapi dengan vitamin E yang dapat melindungi pembuluh arteri serta sejumlah mineral yang dapat meningkatkan kerja jantung seperti kalsium dan magnesium.

APEL

Sebuah pepatah lama yang mengatakan “sebuah apel setiap hari menjauhkan kita dari dokter”, mungkin ada benarnya saat kita membicarakan tentang pencegahan serangan jantung. Penelitian yang telah dipublikaskan dalam jurnal online BMJ menunjukkan bahwa makan sebuah apel setiap hari atau mengkonsumsi obat statin setiap hari menunjukkan hasil yang sama dalam penurunan tingkat kematian akibat serangan jantung ataupun stroke. Juga ditemukan bahwa 70% dari penduduk Inggris mengkonsumsi apel sehingga Inggris akan memiliki 8500 lebih sedikit kasus kematian terkait dengan masalah serangan jantung dan stroke.

KACANG-KACANGAN

Apakah Anda memilih kacang chickpea dari Mediterania yang dikenal juga dengan kacang garbanzo ataupun memilih kacang pinto tambakan sedikitnya seteah cangkir kacang ke dalam menu diet Anda. Serat dari kacang-kacangan ini dapat mengikat zat berbahaya sebelum mereka masuk dalam arteri Anda. Sehingga kacang-kacangan akan menjadi makanan tambahan yang bagus untuk diet jantung sehat.

BLUEBERRY

Sekarang mari kita melihat makanan yang lain yaitu blueberry. Buah ini adalah salah satu dari daftar makanan terbaik untuk menyembuhkan banyak masalah. Jadi tidaklah mengherankan jika blueberry juga bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Buah-buahan bulat kecil dan berwarna biru ini mengandung antocinanin dan katekin alami yang tinggi. Kedua fitonutrisi ini penting untuk menurunkan  peradangan termasuk di dalam pembuluh darah yang dapat menyebabkan penumpukan plak – yang merupakan mekanisme perbaikan tubuh tetapi seiring dengan bertanbahnya waktu dapat berkontribusi pada munculnya penyakit pada jantung.

 

KAYU MANIS

Anda mungkin ingin menambahkan kayu manis pada makanan Anda setelah mengetahui bahwa sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Family Medicine menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi 120 mg kayu manis setiap hari dapat menyebabkan gula darah, kolesterol dan triglisedira (lemak dalam darah) yang lebih rendah. Satu sendok teh kayu manis setara dengan 2500 mg kayu manis.

Apa arti gula darah, kolesterol dan trigliserida yang rendah? Ini berarti bahwa pembuluh darah Anda sehat. Jadi tambahkanlah beberapa potong kayu manis pads sup, kari, rebusan, oatmeal, roti panggang ataupun sereal yang Anda makan.

BIJI RAMI DAN MINYAK BIJI RAMI (FLAXSEED)

Biji rami dan juga minyak rami yang diekstraksi dari biji rami yang kaya dengan asam lemak Omega 3 yang kaya akan nutrisi untuk penyembuhan hati dan juga anti peradangan. Pastikan untuk menggunakan biji rami segar yang digiling karena biji rami ini perlu digiling terlebih dahulu agar tubuh mampu menyerap sari dari minyak rami ini. Alat penggiling kopi dapat digunakan untuk menggiling biji rami. Setelah digiling, simpanlah biji rami ini dalam kantong tertutup di lemari es. Tambahkan biji rami pada smoothies, sereal, oatmeal serta tambahkan minyak biji rami pada salad dan saus salad Anda.

BAWANG PUTIH

Bawang putih mampu darah tetap ringan dan mengalir lancar melalui pembuluh darah Anda. Selain itu bawang putih adalah makanan yang luar biasa bagi jantung. Sebaiknya, cobalah untuk masukkan setidaknya satu siung bawang putih dalam diet harian Anda. Memasak bawang putih dapat merusak beberapa manfaatnya tetapi bawang putih yang dimasak  masih merupakan hal yang baik bagi tubuh. Tambahkan bawang putih mentah pada sup, rebusan, kari dan salad yang Anda makan agar dapat meningkatkan fungsi jantung Anda.

SAYURAN BERDAUN HIJAU

Sayuran berdaun hijau kaya akan nutrisi termasuk vitamin B kompleks diantaranya B6, B12 dan asam folat yang semuanya itu sangat penting bagi tingkat homosistein yang normal. Homosistein adalah sejenis protein yang diproduksi oleh tubuh dan ditemukan dalam darah. Idealnya kadar protein ini dalam darah adalah rendah. Kadar homosistein yang tinggi merupakan salah satu faktor munculnya penyakit jantung. Karena itu kita haruslah bertindak bijaksana untuk dapat menjaga kadar hormon ini tetap rendah dengan cara mengkonsumsi lebih banyak sayuran hijau. Selain itu, sayuran hijau juga memiliki kadar nutrisi lutein yang tinggi. Lutein adalah pigmen kuning dalam kelas xantofil yang ditemukan di dedaunan, dalam kuning telur dan kospus luteum.

Penelitian dalam jurnal Atherosclerosis menemukan bahwa sayuran dengan lutein yang tinggi sangat bermanfaat dalam mengurangi penyakit jantung bahkan mengobatinya walaupun telah terjadi dalam tubuh.

KUBIS MERAH YANG DIPANEN DI USIA MUDA (MICROGREEN)

Microgreen adalah sayuran yang dipanen pada usia sangat muda yaitu sekitar 7-14 hari setelah disemai. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Journal of Agriculture and Food Chemistry, kubis merah yang dipanen di usia muda dimungkinkan untuk mengurangi resiko penyakit pada kardiovaskular. Para peneliti menyebutkan bahwa efek mikro kubis merah pada lipid dan penanda inflamasi yang dikenal dengan sitokin yang mempunyai pengaruh pada penyakit jantung, dapat melindungi organ tubuh kita dari penyakit kardiovaskular.

ROSEMARY

Tentunya Anda ingin menambahkan lebih banyak rosemari pada makanan diet Anda setelah Anda tahu tentang manfaatnya pada jantung. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food, para peneliti menemukan bahwa penambahan rosemary dalam makanan diet Anda dapat membantu mengobati penyakit jantung. Para peneliti ini menemukan bahwa senyawa alamiah dalam rosemary memiliki anti peradangan yang signifikan. Potong rosemary segar dan tambahkan ke dalam makanan panggang yang Anda masak, sup, semur atau hidangan lain yang Anda masak.

ACAR KUBIS

Anda mungkin saja heran saat melihat acar kubis (sauerkraut) masuk dalam daftar makanan terbaik untuk mendapatkan jantung yang sehat. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa makanan super ini haruslah mendapatkan tempat dalam makanan diet Anda. Dalam jurnal medis Food and Function, para peneliti menemukan bahwa acar kubis yang tidak terpasteurisasi mengandung probiotik ampuh yang dikenal sebagai Lactobacillus plantarum yang mampu menyembuhkan masalah jantung. Pilihlah acar yang tidak dipasteurisasi atau mengandung bakteri hidup sehingga kaya manfaat. Lebih baik lagi jika Anda dapat membuatnya sendiri.

KACANG KENARI

Seperti halnya biji rami, kacang kenari mengandung lemak asam Omega 3 yang tinggi yang mampu mengurangi peradangan dalam pembuluh darah. Penelitian dalam jurnal medis Circulation menemukan bahwa menambahkan suplemen yang mengandung asam lemak Omega 3 dapat membantu dalam penyembuhan masalah dengan jantung serta memulihkan kerusakan yang terjadi akibat serangan jantung. Jika Anda belum pernah makan kenari mentah segar dari lemari pendingin di toko makanan sehat yang ada di kota Anda, mungkin Anda akan terkejut dengan rasanya yang enak bahkan seperti mencicipi mentega.

Penulis: Dr. Michelle Schoffro Cook, PhD, DNM

Sumber : www.care2.com

 

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!