12 Makanan Pencegah Glaukoma

12 Makanan Pencegah Glaukoma – Pada umumnya orang jarang memberikan perhatian pada matanya hingga sesuatu yang salah dengan mata dirasakan . Sebenarnya, sangatlah penting untuk mengkonsumsi nutrisi untuk menjaga kesehatan mata kita. Hal ini sama pentingnya dengan menjaga berat badan yang sehat, menjaga kadar gula seimbang ataupun menjaga kesehatan otak.

Mempertimbangkan bahwa penyakit mata degeneratif seperti glaukoma dapat meningkat seiiring dengan bertambahnya usia, maka sekaranglah saatnya kita harus menyehatkan mata. Tidak ada waktu yang lebih baik untuk mulai mengkonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan mata dibandingkan sekarang.

Glaukoma adalah penyakit mata dimana terjadi peningkatan tekanan pada mata mendistorsi bentuk bola mata dan akhirnya dapat merusak lensa mata. Jika tidak diambil tindakan yang benar untuk mengendalikan kondisi ini, maka dimungkinkan terjadi kebutaan.

BLUEBERRY

Seperti halnya blackberry, blueberry juga mengandung banyak sekali antosianin. Blueberry juga membantu mengatasi peradangan pada amta yang merupakan salah satu faktor penyebab glaucoma.

GRAPEFRUIT

Sudah pernah mencoba grapefruit (bukan anggur loh) yang rasanya khas yaitu asam dan sedikit pahit? Jika sudah, berarti kita sudah pernah mencicipi nutrisi penyembuh penyakit mata yang dikenal sebagai naringin. Nutrisi dari tanaman yang memiliki rasa pahit ini adalah anti oksidan kuat yang dapat membantu melindungi retina mata. Inilah nutrisi utama yang ditemukan dalam grapefruit.

SAYURAN BERDAUN HIJAU

Sayuran berdaun hijau seperti sawi-sawian, kale dan lettuce mengandung banyak sekali karotenoid termasuk alfa karoten serta beta karoten yang merupakan pembuka jalan bagi vitamin A untuk penyembuhan penyakit mata. Sebagai tambahannya, sayuran berdaun hijau juga mengandung lutein yang berfungsi sebagai anti oksidan bagi mata sehingga dapat melindunginya dari kerusakan akibat radikal bebas.

DAUN BAWANG

Mungkin kita kaget saat mengetahui bahwa daun bawang masuk dalam daftar makanan yang dapat menjaga mata dari glaukoma. Tetapi memang, daun bawang ini baik untuk mata kita. Mengapa? Karena daun bawang mengandung lutein antioksidan dan zeaxantin yang menggandakan keunggulannya untuk menjaga kesehatan mata. Untungnya, daun bawang ini dengan mudah dapat digantikan oleh bawang merah pada resep masakan kita.

MANGGA

Mangga kaya akan zeaxantin yang mampu membantu kita untuk mencegah degenerasi mata. Mangga segar, beku maupun kering adalah pilihan yang sangat baik untuk menjaga mata kita dari glaukoma.

JERUK

Baik jeruk maupun grapefruit mengandung nutrisi rutin yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk mampu menyerap vitamin C dengan baik. Rutin adalah nutrisi yang kaya manfaat yang mampu meningkatkan kesehatan mata secara keseluruhan. Selain itu, rutin juga dapat memperkuat pembuluh darah khususnya kapiler kecil pada mata. Karena nutrisi ini juga mampu meningkatkan sirkulasi serta berfungsi sebagai anti oksidan untuk melawan kerusakan akibat radikal bebas, sangatlah bermanfaat untuk mencegah serta mengobati glaukoma. Rutin ditemukan pada jeruk sitrun termasuk grapefruit dan jenis jeruk lain tetapi pastikan kita memakan bagian intisari berwarna putih untuk mendapatkan nutrisi ini.

DELIMA

Delima mendukung kesehatan pembuluh darah pada mata. Warna merah rubi pada biji delima memberikan konfirmasi visual akan tingginya kadar anti oksidan yang membantu menjaga dinding arteri dari kerusakan akibat radikal bebas. Baik buah delima segar maupun jusnya adalah pilihan terbaik untuk mencegah glaukoma.

ROSEHIP

Seduhlah teh rosehip untuk dapat menikmati vitamin C serta nutrisi rutin yang diperlukan untuk melindungi pembuluh darah di mata serta membantu menormalkan tekanan pada mata. Nutrisi rutin membantu penyerapan vitamin C. Nutrisi ini juga bekerja sama untuk melindungi mata dari kerusakan akibat usia.

UBI MANIS

Seperti halnya mangga, ubi manis juga mengandung zeaxantin serta beta karoten yang mampu membantu dalam pencegahan glaukoma. Zeaxantin adalah anti oksidan kuat yang melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Sementara beta karoten dibutuhkan dalam jumlah yang cukup untuk memastikan penglihatan yang sehat.

SALMON LIAR

Menurut hasil penelitian yang diterbitkan oleh The Journal of The American Medical Association (JAMA) Opthalmology, melakukan diet tinggi EPA dan DHA, dua jenis Omega 3 yang ditemukan pda lemak ikan seperti salmon liar dapat membantu menurunkan resiko dan kerusakan parah akibat glaukoma. Para peneliti juga percaya bahwa rasio Omega 3 ke Omega 6 yang salah dapat memainkan peran kausatif  (yang menyebabkan) dalam penyakit glaukoma. Terutama karena jumlah Omega 6 yang tinggi tanpa jumlah Omega 3  dapat menyebabkan peradangan dan ini memperburuk penyakit mata.

 

Sumber : www.care2.com

Penulis : Dr. Michelle Schoffro Cook, PhD. DNM

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!