12 Fakta Penting Tentang Vitamin K

12 Fakta Penting Tentang Vitamin K – Salah satu vitamin yang kurang dikenal adalah vitamin K. Jadi tidaklah mengherankan jika banyak hal yang tidak diketahui dan bahkan salah tentang vitamin K ini. Kemanapun kita mencari informasi kepada orang lain, seringkali informasi yang kita dapatkan tentang nutrisi penting ini salah.

Untuk membantu meluruskan informasi tentang vitamin K, berikut adalah beberapa fakta penting yang perlu kita ketahui tentang vitamin K.

MAKANAN ADALAH SUMBER TERBAIK

Makanan selalu merupakan bentuk terbaik dari vitamin dan tidak berbeda juga dengan vitamin K. Meskipun mungkin ada kebutuhan untuk menambah nutrisi ini, makanan masih merupakan cara terbaik untuk mendapatkan vitamin K.

VITAMIN K ADALAH SEKUMPULAN VITAMIN

Vitamin K sebenarnya adalah sekumpulan vitamin larut dalam lemak yang mempunyai stuktur  kimia yang mirip, bukan vitamin yang berdiri sendiri

VITAMIN K1 DAN K2 TIDAKLAH SAMA

Meskipun ada beberapa jenis vitamin K yaitu vitamin K1 dan K1 adalah yang kita kenali secara umum. Walaupun keduanya memiliki nama yang sama, bentuk kedua vitamin ini berbeda. Fungsi dan sumber makanannya juga berbeda.

VITAMIN K1 BANYAK DITEMUKAN PADA SAYURAN HIJAU

Dikenal sebagai phylloquinone, vitamin K ditemukan terutama di sayuran berdaun hijau. Jadi jika kita belum mengkonsumsi sayuran hijau, sebaiknya kita memulainya untuk dapat merasakan manfaat Vitamin K1.

VITAMIN K2 TIDAK HANYA DITEMUKAN DI PRODUK HEWANI

Sebagian besar penulis blog meneruskan mitos bahwa vitamin K2 hanya ditemukan di dalam daging. Sedangkan produk hewani cenderung menjadi sumber vitamin K2 bukanlah satu-satunya sumber. Vitamin K2 juga banyak ditemukan dalam makanan terfermentasi.

TUBUH DAPAT MEMPRODUKSI VITAMIN K

Mungkin kita tidak menyadari bahwa dengan meningkatkan kesehatan pencernaan, kita dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk memproduksi vitamin K. Cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan usus adalah dengan mengkonsumsi lebih banyak makanan yang difermentasikan seperti sauerkraut, miso, natto, yogurt, kimchi dan fermentasi acar.

VITAMIN K3 SEBAIKNYA DIHINDARI

Vitamin K3 yang dikenal dengan menadione adalah vitamin sintetis yang sebaiknya dihindari karena potensi efek sampingnya

VITAMIN K1 MEMPRODUKSI SEBAGIAN BESAR VITAMIN K

Sekitar 75 – 90 persen vitamin K yang dikonsumsi manusia adalah vitamin K1. Bukan vitamin K2 yang sumbernya dari daging. Walaupun vitamin K2 ini banyak direkomendasikan orang tetapi ini adalah cara yang kurang tepat untuk mendapatkan lebih banyak vitamin K.

KONSUMSILAH 6 SUMBER UTAMA VITAMIN K

Cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak vitamin K adalah dengan mengkonsumsi 6 sumber utama vitamin ini.  Mereka adalah kale (1062 mcg), sawi hijau (1059 mcg), bayam (889 mcg), lobak hijau ( 529 mcg), brokoli (220 mcg) dan cuciwis/brussels sprouts (218 mcg) Рkandungan Vitamin K dihitung dalam ukuran 1 cup sayuran.

VITAMIN K BUKAN HANYA UNTUK PEMBEKUAN DARAH

Walaupun selama ini vitamin K dikenal karena kemampuannya pada pembekuan darah yang sehat, vitamin K juga membantu meningkatkan kesehatan jantung dan tulang.

VITAMIN K SANGAT BAIK DISERAP SAAT DIKONSUMSI BERSAMA LEMAK

Karena vitamin K adalah vitamin yang larut dalam lemak, maka sangat baik jika mengkonsumsinya bersama dengan sejumlah lemak untuk meningkatkan penyerapannya. Sebaiknya tambahkan sedikit minyak zaitun pada masakan Anda, pada salad sayuran hijau, tambahkan sedikit alpukat untuk memperkaya vitamin K atau tambahkan sedikit kacang-kacangan atau biji-bijian pada makanan kita.

KONSUMSILAH VITAMIN K SECARA KONSISTEN

Jika kita mengkonsumsi warfarin, pengencer darah lainnya atau jika kita mengalami kelainan pada pembekuan darah, akan lebih baik jika kita mengkonsumsi vitamin K secara konsisten. Hal ini adalah untuk menghindari terjadinya masalah pada kesehatan ataupun kondisi Anda sendiri.

 

Sumber: www.care2.com

Penulis : Michelle Schoffro Cook

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!