10 Tradisi Perawatan Kecantikan Ala Putri Raja

10 Tradisi Perawatan Kecantikan Ala Putri Raja – Nusantara kita yang kaya akan budaya dan bahan alam ternyata juga menyimpan banyak misteri kecantikan. Jika dulu, tradisi perawatan kecantikan ini hanya dapat dilakukan oleh para permaisuri dan putri bangsawan, kini menjadi ritual perawatan yang turun-temurun dari generasi ke generasi. Siapa saja dapat melakukan resep nenek moyang berikut ini, termasuk Anda.

Semua wanita terlahir cantik dengan keunikan masing-masing. Kecantikan paras seorang wanita sering dikaitkan dengan filosofi kecantikan seorang putri raja. Diyakini cantik merupakan kesatuan utuh melingkupi dua ruang yaitu kecantikan dari luar (fisik) dan dari dalam (pribadi).

Penyatuan dua daya rasa ini dipercaya menjadi kekuatan energi yang memberikan keselarasan pikiran dan tubuh serta kekuatan pikiran. Tak hanya itu, keseimbangan yang tercipta juga dianggap mampu mengaktifkan kelima indera secara maksimal. Apa rahasianya? Kunci perawatan putri-putri raja terletak pada ramuan rempah-rempah istimewa turun-temurun. “Sebagai bangsa yang dianugerahi kekayaan alam berlimpah, kami bangga dapat berinovasi menciptakan produk perawatan kecantikan yang terinspirasi dari kearifan budaya bangsa,” ujar DR. Martha Tilaar, pendiri Martha Tilaar Group, yang telah berkiprah selama lebih dari 26 tahun dalam dunia kecantikan di Indonesia.

Dalam budaya keraton Jawa, perawatan tubuh seperti lulur, pijat, masker, mangir, jamu dan sejenisnya tak hanya ditujukan pada kecantikan lahiriah semata. Berbagai ritual itu juga diperuntukkan untuk merangsang kesempurnaan kerja kelima indera, yaitu indera pengelihatan (asmaraini), indera pendengaran (asmartaswara), indera perasa (asmarawara), indera penciuman (asmararum) dan indera peraba (asmarasutra). Bila kelima indera ini diaktifkan maka seluruh organ tubuh akan berjalan sesuai fungsinya dengan benar dan sempurna.

Seorang perempuan yang selalu berada dalam keseimbangan sempurna secara jiwa dan raga maka dengan sendirinya aura positif yang membuat wajahnya berseri-seri dan segar akan selalu terpancar. Hatinya akan diliputi perasaan yang baik, pikiran positif, jernih dan tutur katanya pun halus dan santun. Itulah kecantikan hakiki yang ingin dicapai. Sekali waktu, Anda perlu mencoba ritual perawatan kecantikan berikut ini dan rasakan sensasinya pada aura kecantikan Anda sebagai perempuan Indonesia.

PIJAT RELAKSASI

Perawatan pijat ini adalah bagian yang tak terpisahkan dari ritual perawatan tubuh. Dengan pijat, indera peraba akan dimanjakan dengan sensasi relaksasi yang mampu membangkitkan kembali energi. Selain merelaksasi saraf dan otot di bagian bawah kulit, pijat ini juga berguna untuk membantu melancarkan peredaran darah. Misalnya pijat Jawa yang terinspirasi dari tradisi Keraton Yogyakarta. Jenis pijat ini menggunakan campuran minyak esensial dan bahan serai guna menghangatkan tubuh. Pijat Jawa dilakukan dengan penekanan yang lebih keras dengan tumpuan ibu jari dan telapak tangan. Tubuh dengan pori-pori yang sudah terbuka serta semakin rileks dengan dua proses awal itu dilanjutkan dengan masker menggunakan bengkoang untuk mencerahkan kulit.

CREAMBATH

Jenis perawatan rambut yang satu ini juga telah turun-temurun dilakukan. Creambath adalah satu ritualĀ  yang akan membuat Anda merasa rileks dengan pijatan di kepala. Sementara ramuan untuk rambut bekerj dan meresap hingga bagian rambut terdalam. Perawatan ini memberikan krim nutrisi untuk lapisan kutikula rambut disertai dengan pemijatan kulit kepala yang telah dibubuhi krim bervitamin untuk melancarkan peredaran darah. Anda bisa memilih ramuan creambath yang berbahan dasar alpukat untuk rambut kering, lidah buaya untuk penyubur rambut serta urang-aring untuk menghitamkan rambut.

MASKER WAJAH

Resep masker tradisonal telah sejak lama digunakan untuk perawatan kulit wajah. Masker wajah sangat penting untuk membantu pengelupasan kulit mati, menghilangkan bekas jerawat serta mencegah garis-garis halus dan kerutan yang muncul terlalu dini di wajah. Masker tradisional ini dibuat dari bahan-bahan alami seperti alpukat, madu, nanas, mentimun dan jeruk nipis. Bahan-bahan alami ini memang terbukti mengandung cukup banyak vitamin dan zat gizi yang diperlukan kulit. Menggunakan masker wajah sedikitnya sekali dalam seminggu dipercaya mampu membuat kulit wajah sehat secara dramatis.

MANGIR WANGI

Keraton Jawa memperkenalkan perawatan tubuh mangir wangi sejak dulu. Mangir wangi dipercaya mempunyai khasiat yang lebih oriental yaitu menjadikan kulit menjadi kuning langsat. Kulit kuning langsat telah sejak lama menjadi simbol kecantikan alami wanita Indonesia yaitu warna kulit yang justru menjadi keindahan tersendiri.

Beberapa khasiat lain yang didapat dari mangir wangi antara lain dapat merawat kehalusan dan kesehatan kulit, menghilangkan bau keringat, menjadikan kulit kuning langsat serta membersihkan noda pada kulit.

LULURAN

Lulur (scrub) tradisional telah lama dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati, kotoran dan debu, menghilangkan bau badan, sekaligus memberikan nutrisi pada kulit. Bahan-bahan seperti susu, cokelat dan rumput laut tidak pernah sepi peminat untuk dicoba. Lulur yang diaplikasikan ke seluruh tubuh ini dipercaya mampu menghidrasi secara mendalam serta mencerahkan dan melembutkan kulit dengan wewangian yang khas.

MANDI BUNGA

Ritual luluran biasanya diikuti dengan berendam atau mandi bunga menggunakan kelopak bunga mawar ataupun sedap malam. Ini berguna untuk membersihkan sisa lulur yang masih menempel pada tubuh. Secara tradisi, gending klasik dialunkan untuk memanjakan indera pendengaran hingga membawa tubuh semakin rileks saat perawatan. Kini, tradisi mandi bunga dikemas lebih praktis dengan membubuhkan minyak aromaterapi seperti minyak mawar ataupun minyak melati ke dalam air rendaman agar tubuh dapat merasakan sensai hangat yang menyenangkan.

MINUM JAMU

Tradisi penggunaan rempah untuk diminum sebagai jamu tak terlepas dari ritual kecantikan tradisional putri keraton Jawa. Tak hanya kalangan bangsawan, masyarakat Jawa pada umumnya juga mengadopsi kebiasaan sehat ini sebagai bagian dari gaya hidup mereka hingga kini. Jamu dibuat dari bahan alami dari bagian tumbuhan seperti akar rimpang, daun, kulit batang dan buah.

Siapa yang tidak pernah mencicipi kelezatan jamu beras kencur yang dipercaya berkhasiat menghilangkan pegal-pegal dan linu pada tubuh selain menambah nafsu makan? Atau jamu kunyit asam yang bisa menyegarkan tubuh dan melancarkan haid? Belum lagi jamu berbahan herbal lainnya yang kaya khasiat kecantikan sepertiĀ  untuk mencerahkan kulit wajah, menghilangkan jerawat dan dipercaya sebagai salah satu ritual untuk awet muda.

Selain dapat dikonsumsi dalam bentuk minuman segar, kini jamu dikemas dalam bentuk berbagai sediaan seperti bubuk, tablet, kaplet dan kapsul. Yang mana pilihan Anda?

TOTOK WAJAH

Pernah mencoba totok wajah? Ini juga rangkaian tradisi putri raja yang tak pernah dilewatkan saat perawatan wajah. Ritual kecantikan ini merupakan pemijatan wajah dengan penekanan pada titik aura wajah yang bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah pada wajah. Selain melemaskan otot-otot wajah yang tegang, wajah akan terlihat cerah dan segar dalam sekejab.

RATUS VAGINA

Ratus vagina adalah perawatan daerah vagina dengan cara penguapan menggunakan ramuan herbal seperti rempah kunyit, kayu manis, cengkih dan daun sirih. Dengan rempah-rempah alami ditambah ekstrak bunga, ratus mampu mengatai masalah keputihan dan sangat cocok untuk wanita paska persalinan. Khasiat ratus dipercaya dapat membuat organ intim menjadi lebih bersih dan kencang serta menebarkan wewangian yang segar. Karenanya ritual ratus ini selalu diminati untuk dapat menciptakan hubungan seks berkualitas bersama pasangan.

SPA AROMATERAPI

Anda lebih memilih perawatan spa aromaterapi dari bahan alami, rempah, jamu atau taburan bunga? Memilih perawatan spa hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan tubuh Anda. Lebih menyenangkan lagi jika semua yang dibutuhkan tersedia dalam rangkaian spa aromaterapi tradisional.

Pada prinsipnya, spa memberikan sensasi rileks untuk menyeimbangkan tubuh, pikiran dan spiritual. Untuk spa yang dilakukan di tempat yang kental tradisi dengan kemewahan dan kenyamanan puteri raja, tentunya Anda akan semakin menikmatinya. Seiring perkembangannya, kini spa tersedia untuk berbagai keperluan. Sebut saja spa pra-nikah, spa ibu hamil, spa bayi dan lain sebagainya. Pendek kata, spa bisa menjadi aktivitas menyenangkan untuk hiburan keluarga dan menyegarkan sesuai kebutuhan selain mempercantik diri.

Tertarik mencoba?

 

Gambar : pixabay.com

Sumber : Majalah Wanita Kartini – Edisi Khusus Kebaya – April 2012

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!