10 Sayuran yang Mengandung Kadar Protein Sangat Tinggi

10 Sayuran yang mengandung kadar protein sangat tinggi – Saat Anda memikirkan kata protein, mungkin yang muncul di pikiran Anda adalah daging-dagingan dan ikan adalah satu-satunya sumber protein. Setelah adanya diet protein hewani yang makin banyak dilakukan orang, bisa jadi Anda masih percaya bahwa makanan ini adalah satu-satunya sumber protein yang baik dari nutrisi makro. Namun, jika Anda mengikuti pola makan nabati (vegetarian), Anda mungkin akan mulai menyadari bahwa kacang-kacangan dan biji-bijian juga merupakan sumber protein yang baik. Hanya saja sedikit orang yang memikirkan tentang sayur-sayuran saat berbicara tentang protein. Namun sebenarnya, semua sayuran mengandung protein bahkan beberapa sayuran merupakan sumber protein yang baik.

Tidak seperti pada daging-dagingan ataupun ikan, sayuran membutuhkan waktu yang lebih pendek untuk dicerna dalam saluran gastrointestinal (GI). Dan sering kali, dengan bertambahnya usia, asam lambung kita senderung berkurang sehingga menyebabkan tubuh kita semakin sulit untuk mengekstrak asam animo dari protein. Tidak peduli berapa banyak jumlah protein yang terkandung baik dalam daging sapi, ayam maupun ikan, jika tubuh Anda memiliki sistem pencernaan yang lemah. Tubuh kita perlu mengekstrak asam amino dari makanan yang kita konsumsi untuk dapat membangun jaringan tubuh yang sehat dan kuat.

SAYURAN APA YANG MERUPAKAN SUMBER PROTEIN YANG BAIK ?

Berikut adalah 10 (sepuluh) sayuran yang merupkan sumber protein yang baik :

EDAMAME

Setiap cangkir edamame yang dimasak mengandung 18 gram protein. Pilihlah edamame organik karena seperti halnya kedelai, banyak edamame yang telah dimofidikasi secara genetik dan juga mendapatkan perlakuan dengan pestisida dan racun tanaman lain. Edamame ini dapat ditumis dengan sedikit minyak zaitun dan garam atau tambahkan sebagai toping untuk mie goreng favorit Anda.

KACANG POLONG

Dulu orang tua kita sering mengingatkan agar kita makan kacang polong yang ditambahkan pada makanan kita. Dalam setiap cangkir sjayur hijau kecil ini terkandung 9 gram protein. Makanlah kacang polong dan tambahkan pada sup, rebusan atau pada kari Anda.

ASPARAGUS

Satu cangkir asparagus masak mengandung 4,32 gram protein. Asparagus lebih enak jika dipanggang atau ditumis. Akan menjadi lebih baik jika ditambahkan pada pasta, sup atau rebusan yang Anda makan.

KENTANG

Banyak orang yang menganggap bahwa kentang tidak mengandung protein tetapi sebenarnya kentang mengandung 4 gram protein. Jika Anda masih ingin mengkonsumsinya dalam jumlah yang tidak banyak, ada baiknya jika Anda tidak menggorengnya,, karena dapat meningkatkan kadar gula Anda. Tetapi, Anda sesekali dapat mengkonsumsi kentang atau umbi-umbian lain terutama jika Anda mendapatkan yang berwarna ungu, yang mengandung proanthoacyanidins yaitu anti peradangan. Panggnglah kentang dalam suhu 300 derajat Fahrenheit untuk mencegah pembentukan akrilamida yang dapat menyebabkan peradangan.

BAYAM

Satu setengah cangkir bayam masak mengandung 3 gram protein, namun tentu saja masih ada kandungan nutrisi lain didalamnya. Tambahkan bayam pada pasta, sup, roti lapis, kebab, kari, tumisan dan makanan lain yang Anda masak.

TAUGE

Dalam 1 cangkir tauge masak mengandung 2,5 gram protein. Tambahkan segenggam besar tauge diatas makanan Anda seperti mie goreng ala Asia untuk meningkatkan konsumsi protein dalam makanan Anda.

JAGUNG

Seperti halnya dengan kedelai, jagung juga banyak mengalami modifikasi genetika. Karena itu, jika memungkinkan pilihlah jagung organik, Dalam seitap setengah cangkir sayuran yang lezat ini terkandung 2,5 gram protein. Makanlah jagung langsung dari tongkolnya atau tambahkan pada roti jagung atau makanan lain dengan bahan baku tepung jagung, sup dan makanan rebus-rebusan lain.

ALPUKAT

Entah alpukat ini termasuk sayuran atau buah tetapi rasanya lezat dan serbaguna. Secara teknis, alpukat adalah buah tetapi banyak orang yang menggunakannya sebagai sayuran. Setengah buah alpukat mengandung 2 gram protein. Alpukat untuk guacamole sepertinya adalah pilihan yang lezat dan bergizi. Dapat juga ditambahkan pada roti lapis, campurkan pada buah dan tambahkan coklat atau pemanis lain dan dapat juga dijadikan bahan dasar es krim.

BROKOLI

Dalam setengah cangkir brokoli yang sudah dimasak terkandung 2 gram protein. Campurlah brokoli masak dengan minyak zaitun dan bawang putih, sedikit kulit lemon dan garam untuk makanan pembuka yang lezat. Tambahkan pula brokoli ada sup, tumis, kari dan makanan-makanan lain yang Anda masak.

KUBIS BRUSSELS

Kubis Brussels ini sedang trend di dunia kuliner. Jenis sayuran ini mengandung 2 gram protein dalam setiap setengah cangkirnya. Masaklah kubis Brussels ini atau tambahkan pada salad Anda.

 

Sumber : www.care2.com

PenulisĀ : Dr. Michelle Schoffro Cook

 

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!