10 Hal yang Membuat Anda Tetap Berenergi Sepanjang Hari

10 hal yang membuat Anda tetap berenergi sepanjang hari –¬† Tekat yang besar dan secangkir kopi sering kali tidak dapat membuat kita bersemangat sepanjang hari. Sesekali kopi dapat meningkatkan energi tetapi juga menyebabkan kita sulit tidur. Jika kita ingin tetap berenergi sepanjang hari, usahakanlah untuk memiliki kebiasaan baru.

Berikut adalah hal-hal sederhana yang dapat kita mulai lakukan hari ini agar kita dapat terus bersemangat sepanjang hari :

LAKUKAN PERNAFASAN PERUT YANG DALAM

Banyak dari kita yang tidak menyadari kekuatan nafas. Satu tarikan nafas yang dalam dapat memperbaiki suasana hati dan membuat kita merasa lebih santai. Jika kita tidak pernah melakukan pernafasan perut yang dalam, mulailah dengan sesi ini selama 5 menit dan tingkatkan durasinya secara berkala. Jadikan latihan pernafasan perut yang dalam ini sebagai bagian dari kegiatan rutin. Kita juga dapat menggunakan latihan nafas ini untuk mengatasi ketegangan sebelum melakukan presentasi,

AMBILAH LANGKAH-LANGKAH PENDEK

Berjalan membakar lebih banyak kalori. Berjalan juga dapat meningkatkan suasana hati kita dan memberikan kita energi yang berkelanjutan. Dalam penelitian ini, para peneliti menemukan bahwa berjalan selama 10 menit dapat meningkatkan energi yang besarnya lebih dari mengkonsumsi 50 miligram kafein. Berjalanlah sejenak selama jam istirahat atau naik turun tangga selama 10 menit.

LAKUKAN PEREGANGAN  DADA

Tahukah Anda bahwa membungkuk dapat melemahkan energi? Untungnya peregangan dengan membuka dada dapat membatalkan efek membungkuk ini. Jika kita duduk di belakang meja sepanjang hari, peregangan ini dapat memberikan “keajaiban” bagi kita.¬† Hal terbaik dari peregangan ini adalah kita dapat melakukannya dengan tetap duduk di belakang meja.

HINDARI MINUMAN MANIS

Sering kali kita mendengar beberapa orang berkata bahwa minuman bersoda dapat meningkatkan energi. Sedangkan pada kenyataannya, minuman bersoda dan minuman mengandung gula lain dapat membuat energi kita melemah.

Minuman bergula dapat memberikan peningkatan energi namun biasanya hanya bertahan selama kurang lebih satu jam atau lebih. Yang akan terjadi kemudian adalah penurunan energi dan suasana hati yang memburuk. Ada baiknya kita mengkonsumsi infused water yang menggunakan buah untuk meningkatkan energi.

MINUM SMOOTHIES YANG PADAT NUTRISI

Seringkali kita kekurangan energi karena kekurangan nutrisi. Mengkonsumsi smoothies yang dipenuhi vitamin dan mineral dapat memberikan kita semua nutrisi yang kurang dari tubuh kita. Smoothies lebih baik dari makanan padat karena tubuh menyerap nutrisi lebih cepat. Pernahkah kita mencoba untuk mengkonsumsi smoothies untuk makan pagi kita?

TIDUR SIANG

Jika kita merasa lelah di sore hari, temukan tempat untuk berbaring sejenak selama 10 (sepuluh) sampai 20 (dua puluh) menit. Kemudian Anda akan bangun dengan perasaan yang lebih segar. Penelitian menunjukkan bahwa tidur siang selama 10 (sepuluh) menit dapat meningkatkan kerja otak serta meningkatkan kesadaran. Disarankan untuk tidur siang singkat saja – kurang dari 30 (tiga puluh) menit. Jika tidur siang kita terlalu lama maka akan mengganggu pola tidur kita.

BERLATIHLAH UNTUK DUDUK DENGAN POSTUR TUBUH YANG BENAR

Posisi duduk yang salah tidak saja membuat sakit pada punggung tetapi juga akan menyebabkan Anda kelelahan. Duduk dengan punggung lurus dan sedikit condong ke belakang dapat membuat kita berenergi sepanjang hari.

LUANGKAN WAKTU BERADA DI ALAM

Penelitan menunjukkan bahwa meluangkan waktu selama 20 menit di alam dapat membuat kita merasa lebih hidup. Pada kenyataannya, penelitian juga menunjukkan bahwa kegiatan ini lebih memberikan energi daripada kegiatan bersosialisasi ataupun berolahraga. Jika kita memiliki waktu luang, pergilah berjalan-jalan di taman setelah bekerja. Melakukan hal ini akan meningkatkan kesehatan mental dan fisik kita.

MINUM BANYAK AIR

Dehidrasi dapat membuat kita merasa lemah dan kehabisan energi, Pastikan kita mengkonsumsi 203 liter air setiap harinya,

BERSENANG-SENANG DENGAN REKAN KERJA

Penting untuk membangun hubungan baik dengan rekan kerja kita karena setiap hari kita menghabiskan waktu kurang lebih 8 (delapan) jam bersama mereka. Berusahalah untuk mengenal mereka dan juga keluarga mereka. Lakukan hal-hal yang menyenangkan bersama akan membuat kehidupan di tempat kerja menjadi lebih menyenangkan. Berdasarkan penelitian, orang-orang yang berteman dengan rekan kerja mereka akan hidup lebih lama.

Apakah rahasiamu untuk tetap berenergi sepanjang hari?

 

sumber : Care2

Penulis : Brian Syuki

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!