10 Barang Paling Penting Untuk Didaur Ulang

10 barang paling penting untuk didaur ulang – Daur ulang adalah tindakan penting yang harus kita lakukan untuk melestarikan planet kita. Setiap hari jutaan orang memiliki andil dalam menggunakan bahan daur ulang serta menggunakan bahan-bahan lama di rumah dan kantor mereka.

Apakah Anda salah satu dari mereka? Atau apakah Anda sudah mencoba untuk mensortir barang maana yang dapat didaur ulang dan yang mana dapat dijadikan kompor atau yang mana yang harus dibuang ke tempat sampah. Nah, untuk membantu Anda, National Recycling Coalition telah menyusun sebuah daftar yang berisi 10 barang paling penting untuk didaur ulang.

10 Barang Paling Penting Untuk Didaur Ulang

ALUMINIUM

Kaleng dari aluminium sepenuhnya dapat didaur ulang berulang kalo. Bahkan akan menjadi lebih baik karena menjadikan kaleng daur ulang ini membutuhkan 95% lebih sedikit energi daripada membuat barang yang baru. Jadi bagaimana jika kita memulainya daro kaleng minuman bersoda dan jus yang kita minum?

BOTOL PET PLASTIK

Penduduk Amerika  membeli kurang lebih 25 milyard botol air minum sekali pakai setiap tahunnya. Data ini didapatkan dari Container Recycling Institute. Lebih buruknya lagi, hampir 80% botol-botol itu berakhir pada tempat pembuangan akhir (TPA). Mari kita hentikan hal ini. Membuat plastik daur ulang berarti menggunakan dua per tiga lebih sedikit energi daripada memproduksi plastik baru. Dan botol plastik PET merupakan plastik yang mempunyai kelebihan dari jenis plastik lainnya. Jenis ini paling mudah digunakan dan tentu saja mudah untuk didaur ulang.

KORAN

Nah, koran ini cukup nyata. Kelihatannya kita tidak perlu menyiapkan tempat untuk mendaur ulang koran serta kertas bekas lainnya di dekat tong sampah kita. Tapi, mengapa kita harus mendaur ulang kertas? Menurut sebuah organisasi yang bernama Environmental Protection Agency, misalnya di Kota New York, sampah kertas berjumlah sekitar sepertiga dari jumlah sampah di kota itu. Itu jumlah yang sangat besar. Mendaur ulang sampah dapat menghemat sumber daya, menghemat energi dan tidak akan semakin menumpuki tempat pembuangan sampah. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak melakukan daur ulang kertas.

KARDUS BERGELOMBANG

Kardus bergelombang bekas (corrugated) menyumbang angka yang cukup signifikan dalam timbulnya sampah komersial. Lebih dari 90% sampah kardus bergelombang ini berasal dari area perkantoran atau bisnis, bukan dari area perumahan. Karena itu jika jasa kurir mengirimkan paket dalam kardus besar ke kantor Anda, pastikan untuk menghancurkan lalu mendaur ulangnya setelah Anda mengambil isinya tentu saja.

 

KALENG BAJA

Seperti halnya aluminium, produk dari baja dapat didaur ulang lagi tanpa merusak kualitas bajanya. Kita membahas kaleng dari baja, tetapi Anda mungkin juga mempunyai beberapa suku cadang dan peralatan dari baja yang juga dapat didaur ulang. Lebih dari 80 juta ton baja di daur ulang setiap tahunnya hanya di Amerika Utara saja. Dan tahukah Anda bahwa mendaur ulang baja dapat menghemat energi yang setara untuk menghasilkan 18 juta barang rumah tangga selama setahun. Kita bisa mempelajari lebih lanjut tentang daur ulang baja dari website ini : Steel Recycling Institute.

BOTOL PLASTIK HDPE

HDPE adalah singkatan dari High Density Polythylene, jenis plastik yang mudah ditemukan di pasar bebas dan bersifat lebih padat, yang biasa digunakan sebagai wadah deterjen, pemutih, pencuci rambut dan juga botol susu. Plastik jenis HDPE dapat diidentifikasikan dengan logo yang berada di bagian wadahnya yang berbentuk tiga panah dalam bentuk segitiga. Periksalah nomor yang ada di dalam segitga itu. Angka 1 dan 2 adalah plastik yang dapat didaur ulang dibanyak tempat. Tetapi jika nomor 3 hingga 7, proses daur ulangnya hanya dapat dilakukan ditempat-tempat tertentu. Dan jangan lupa untuk membilas dan membersihkan semua wadah HDPE Anda yang ada di tempat cuci. Kotoran ataupun partikem makanan yang tersisa dapat merusak dan mencemari proses daur ulang.

WADAH KACA

Kaca / beling hasil daur ulang telah menyelamatkan 50% energi dibandingkan dengan membuat kaca baru. Dan mendaur ulang satu kotak kaca dapat menghemat energi yang setara dengan energi untuk menyalakan lampu dengan daya 100 watt selama empat jam. Kaca daur ulang meracuni udara dengan polusi 20 persen lebih sedikit dan polusi air juga 50 persen lebih sedikit. Tahukah kita, satu ton kaca yang terbuat dari bahan daur ulang menghemat 250 pounds limbah penambangan.

MAJALAH DAN KERTAS CAMPUR

Ada banyak alasan mengapa kita harus mendaur ulang semua jenis kertas sehingga cara ini adalah hal yang masuk akal bahkan harus dilakukan. Pertama, kertas daur ulang menghemat sekitar 60 persen energi dibandingkan jika harus memproduksi kertas baru, serta mengurangi kurang lebih 95% polusi akibat pemrosesan kertas. Daur ulang satu ton kertas dapat menghenat 17 pohon dan 7000 galon air. Sayangnya, setiap tahun kita membuang cukup banyak kertas. Mari kita berusaha untuk mengubah kebiasaan ini.

KOMPUTER

Komputer juga dapat didaur uang dalam beberapa cara tergantung pada kondisi perangkatnya. Memberikan komputer lama yang masih berfungsi kepada teman atau anggota keluarga. atau juga memberikannya kepada organisasi nirlaba yang membutuhkan tidak hanya membuat komputer sepenuhnya keluar dari aliran limbah. Merupakan sebuah hadiah juga bagi mereka yang tidak mampu membelinya. Komputer yang tidak lagi berfungsi dapat dikirim ke tempat mendaur ulang dimana perangkat ini dapat dibongkar dan komponen-komponen yang masih berfungsi dapat digunakan kembali.

Tentu saja akan ada pengurangan dan penggunaan kembali. Dan jika Anda memilih opsi tersebut, Anda akan melihat lebih sedikit lagi yang dapat didaur ulang.

 

Sumber : www.care2.com

Penulis: Judy Molland

 

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!