10 Aturan Yang Perlu Diingat Dalam Mendekorasi Ruang Keluarga

10 Aturan Yang Perlu Diingat Dalam Mendekorasi Ruang Keluarga  РApakah Anda sedang bersantai di atas sofa, menonton televisi bersama keluarga atau teman; ruang keluarga di rumah Anda cenderung menjadi pusat di rumah Anda. Yuk kita lihat lebih jauh bagaimana cara menghias ruang keluarga dengan cara yang benar dengan mengikuti beberapa aturan dalam mengatur perabotan yang ada di ruang keluarga.

Ruang keluarga mempunyai banyak fungsi. Beberapa rumah memiliki ruang keluarga formal sementara yang lain menggunakan ruang yang ada untuk ruang keluarga, ruang bermain dan ruang untuk menonton televisi. Apapun yang Anda fungsikan sebagai ruang keluarga, Anda perlu menciptakan ruang yang nyaman dan membuat anggota keluarga ingin berkumpul di ruang ini. Hal ini adalah kunci utama untuk memaksimalkan ruang keluarga yang Anda miliki.

Pelajarilah bagaimana cara mengatur dan memposisikan perabotan di ruang keluarga Anda sehingga menjadi efektif dan menarik.

Berikut adalah beberapa aturan dalam mengatur dan mendekorasi sebuah ruang keluarga yang mungkin dapat Anda gunakan :

 

Berfokus pada Titik Utama

Apakah Anda memiliki banyak karya seni, alat elektronik ataupun perapian di ruang keluarga Anda? Menemukan titik utama di ruang keluarga Anda adalah hal yang penting saat Anda mulai mengatur ruang keluarga Anda. Sebagian besar rumah yang memiliki satu titik atau hal utama yang menarik akan menjadi hal pertama yang akan diperhatikan saat memasuki ruangan tersebut. Meskipun tidak semua perabotan harus menghadap pada titik utama tersebut, pertimbangkan untuk memusatkan ruang keluarga Anda pada seputar titik utama yang telah Anda tentukan ini.

 

Ciptakan Titik Pusat

Apakah itu sebuah meja kopi ataupun sekelompok kursi, adalah penting membuat ruang keluarga Anda menjadi pusat yang dikenali oleh orang yang masuk ke ruang tersebut. Biasanya, pusat ruang keluarga adalah meja untuk meletakkan minuman. Jika Anda memiliki ruangan yang lebih besar, Anda bisa memasukkan beberapa titik menarik lain seperti meja kopi di salah satu pojok ruangan dan tambahan kursi di ujung yang lain.

 

Fungsikan

Tata ruang keluarga Anda haruslah fungsional, selalu bermanfaat. Pengaturan perabotan agar berfungsi dengan baik dapat dicapai dengan mempertimbangkan berapa banyak orang yang akan menggunakan ruangan tersebut dan untuk apa ruangan itu akan digunakan. Lalu Anda akan dapat menentukan gaya, ukuran dan berapa banyak perabotan yang akan Anda gunakan di ruangan tersebut.

Pilihlah Bagian Yang Seimbang

Aturan lain untuk mendekorasi ruang keluarga yang baik adalah dengan menciptakan keseimbangan dengan memilih bagian yang seimbang. Jika Anda ingin atmosfere ruangan yang seimbang, ambilah beberapa perabot dengan ukuran dan tinggi yang berbeda sehingga akan menyeimbangkan. Letakkan perabot dengan ukuran besar terlebih dahulu, lalu aturlah barang-barang yang kecil disekitar perabotan utama tersebut.

 

Tambahkan Beberapa Dimensi

Beberapa tekstur dan dimensi yang Anda berikan di ruang keluarga Anda akan menambah daya tarik dan minat visual. Sementara dekorasi yang tertinggal saat Anda mengatur ruang keluarga Anda dapat menjadi hal tersulit untuk digantikan. Buatlah ruang keluarga yang tinggi dan lebar sehingga Anda dapat menambahkan karya seni, foto, rak ataupun cermin ke dinding itu. Saat menggantungkan benda seni ataupun benda lain pada dinding, perhatikanlah tinggi dinding dan langit-langit ruangan Anda Pastikan hiasan ruangan keluarga Anda mudah tertangkap mata dan terfokus.

 

Pencahayaan

Untuk menciptakan ruang keluarga yang terang dan terbuka, sangatlah penting untuk memberikan porsi pada sumber cahaya. Bahkan jika Anda hanya memiliki satu lampu utama di langit-langit ruangan Anda. Cobalah untuk menggabungkan beberapa gaya lampu seperti lampu meja samping, adanya aksen pencahayaan pada rak buku dan bahkan lilin. Salah satu cara termudah untuk menambahkan cahaya ke ruang keluarga Anda adalah dengan mengatur perabotan di sekitar jendela yang ada di ruangan keluarga Anda. Cahaya alami tidak hanya menembus dari jendela yang menjulang dari lantai ke langit-langit tetapi ini juga akan membantu Anda untuk menikmati pemandangan yang ada dari sofa dimana Anda duduk.

Tambahkan Karpet / Permadani

Jangan mengabaikan adanya karpet atau permadani pada saat mendekorasi ruang keluarga Anda. Karpet / permadani ini akan menambah tekstur dan dimensi ke ruangan dan tentunya ada fungsinya juga. Biasanya Anda akan memilih karpet yang akan melengkapi kompisisi warna yang ada di ruangan dan dapat ditempatkan di tengah ruangan. Pastikan untuk memilih ukuran yang tepat sesuai dengan besaran ruangan dan perabotan yang ada. Aturan yang baik adalah karpet itu harus lebih besar setidaknya bagian depan perabot Anda ada diatas karpet / permadani itu. Sekitar 6-12 inchi dari dinding.

 

Padu Padan

Ciptakan ruang keluarga yang lebih menunjukkan pribadi Anda dengan memadupadankan pola, warna dan tekstur. Gunakan warna favorit Anda dengan menggabungkan nuansa yang berbeda ke seluruh ruangan. Pilihlah sofa yang bentuknya netral dan pasangkanlah dengan kursi dengan lengan yang berpola. Jika Anda benar-benar ingin tampil berani dalam pengaturan ruang keluarga Anda, tambahkan warna pop yang cerah dengan mencampurnya pada aksen kursi. Ruang keluarga yang penuh warna dan corak dapat dipadukan dengan tepat dan tidak terlalu bermacam-macam tetapi tetap memiliki gaya.

 

Ciptakan Area Simetris

Fokus pada area simetris akan menciptakan ruang keluarga dengan interior yang seimbang yang akan membuatnya nampak nyaman dan teratur. Sepasang sofa, meja samping dan kursi yang berlawanan arah di dalam ruangan akan menciptakan area yang simetris. Dalam pengaturan ruang keluarga yang simetris meja kopi akan menjadi titik pusat pengaturan. Meski tidak semua ruang keluarga tergolong sebagai ruang yang simetris, namun jika dilakukan pengaturan dengan benar, akan menghasilkan ruangan yang sederhana namun mengagumkan.

 

Pertimbangkan Lalu Lintas Ruangan

Saat mengatur ruang keluarga, sangatlah penting untuk mempertimbangkan jalur lalu lintas ruangan. Pengaturan perabot akan menjadi hal terpenting bagaimana orang dapat masuk dan keluar serta mengarahkan orang yang ada di ruangan tersebut. Akankah sulit untuk dapat masuk dan keluar dari kursi? Apakah jarak yang ada akan membuat Anda merasa kesempitan saat beberapa orang duduk bersama di ruangan tersebut? Bermainlah dengan ukuran ruangan Anda dengan memilih perabot dengan ukuran yang tepat sehingga area dengan lalu lintas yang sibukpun dapat bergerak dengan mudah.

 

Sumber : www.marthastewart.com

Penulis : Madison Dahlstrom

 

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!